Dasar Programming 1Objectives
Setelah menyelesaikan bab ini,
anda diharapkan dapat:
• Mengerti tentang algoritma.
• Membuat algoritma dari suatu permasalahan.
• Mengerti tentang flowchart.
• Membuat flowchart dari suatu
permasalahan.Tahapan Pembuatan Program
• Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.
Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan,
fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa
program yang digunakan.
• Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau
langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
– Ada input dan output
– Efektivitas dan efisien
– TerstrukturContoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka
tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian
tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.Contoh Algoritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a:
1. Masukkan bilangan bulat positif a
2. Berikan harga awal x sama dengan 1
3. Hitung y sebesar x * x
4. Jika y sama dengan a maka cetak x
5. sebagai akar dari a. Selesai
6. Tambah nilai x dengan 1
7. Pergi ke langkah 3.Menentukan apakah suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau bilangan genap.
1. Masukkan sebuah bilangan sembarang
2. Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
3. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
4. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan
itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi
sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan
ganjil.
Contoh Algoritma 3FLOWCHART
z Bagan-bagan yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu
masalah.
z Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
z Ada 2 macam Flowchart :
– System Flowchart Æ urutan proses dalam system
dengan menunjukkan alat media input, output serta
jenis media penyimpanan dalam proses
pengolahan data.
– Program Flowchart Æ urutan instruksi yang
digambarkan dengan symbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.Contoh Program Flowchart
Start
Print Judul
READ
Data
Akhir
file ?
End
Kode = "P"
PRINT
Nama, Alamat
"Perempuan"
Ya
Tidak
Ya
TidakSimbol-simbol Flowchart
z Flow Direction Symbols (Simbol
penghubung alur)
z Processing Symbols (Simbol proses).
z Input-output Symbols (Simbol input-
output)Simbol-simbol FlowchartSimbol-simbol Flowchart – Cont.Pembuatan Flowchart
z Tidak ada kaidah yang baku.
z Flowchart = gambaran hasil analisa suatu
masalah
z Flowchart dapat bervariasi antara satu
pemrogram dengan pemrogram lainnya.
z Secara garis besar ada 3 bagian utama:
– Input
–Proses
– OutputPembuatan Flowchart – cont.
z Hindari pengulangan proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga
jalannya proses menjadi singkat.
z Jalannya proses digambarkan dari atas
ke bawah dan diberikan tanda panah
untuk memperjelas.
z Sebuah flowchart diawali dari satu titik
START dan diakhiri dengan END.Contoh 1 FlowchartContoh 2 FlowchartLatihan Soal
1. Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling
lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari.
2. Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 1
diatas.
3. Buatlah algoritma untuk mengecek bilangan di antara 2
bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar
salah satunya, dan tampilkan hasilnya.
4. Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 3
diatas.
Rabu, 30 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar