Kamis, 29 Oktober 2009

Percabangan

Dalam percabangan terdapat dua hal yang mesti diketahui yaitu :

  1. Kondisi adalah syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu aksi.
  2. Aksi adalah sekumpulan perintah yang akan dijalankan apabila kondisi terpenuhi.

Untuk proses percabangan ini digunakan selection statement. Pada C# selection statement
yang dapat digunakan adalah :

  1. if dan if-else.
  2. switch.

if dan if-else

if statement digunakan untuk mengeksekusi kode program jika kondisi tertentu terpenuhi.
Berikut adalah contoh penggunaan statement ini.

int a = 10;
int c = 9;

string status = String.Empty;

if (a > c)
{
status = "nilai a lebih besar dari c";
}
else if (a < c)
{
status = "nilai a lebih kecil dari c";
}
else
{
status = "nilai a sama dengan c";
}

switch

Berikut contoh penggunaan statement switch.

string nama = "naruto";
switch (nama)
{
case "naruto":
{
System.Console.WriteLine("nama saya adalah naruto.");
break;
}
default:
{
System.Console.WriteLine("nama saya bukan naruto.");
break;
}
}

Perulangan

Statement jenis ini digunakan untuk menentukan bagian mana dari program yang akan
dieksekusi berulang-ulang dan apa kondisi yang menentukan perulangan tersebut.
Pada C# ada empat statement yang digunakan sebagai pengulangan, yaitu :

  1. while.
  2. for.
  3. foreach.
  4. do-while.

while

While statement berguna untuk melakukan perulangan selama kondisi bernilai true.

Contoh :

int j = 0;
while (j < 5)
{
System.Console.WriteLine(j);
j++;
}

for

For digunakan untuk melakukan perulangan yang didasarkan atas nilai diskrit, misalnya
integer.

Contoh :

for (int j = 0; j < 5; j++)
{
System.Console.WriteLine(j);
}

foreach

Statement foreach digunakan untuk penelusuri suatu collection.

Contoh :

string[] days = { "minggu", "senin", "selasa", "rabu", "kamis", "jumat", "sabtu" };

foreach (string day in days)
{
System.Console.WriteLine(day);
}

do-while

berbeda dengan while, pada statement do-while pengecekan kondisi dilakukan diakhir.
Berikut contoh penggunaan statement do-while.

int j = 6;
do
{
System.Console.WriteLine(j);
}
while (j < 5);

Mungkin ada tambahan atau masukan atau pertanyaan silahkan posting comment dibawah… makasih :)

Tutorial selanjutnya : Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 5 – Penanganan Error >>

h1

Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 2 – Mengenal Variabel

Agustus 30, 2008

<<>

Variabel? Siapa tuh?

Mungkin bagi kamu yang sudah kenal cukup lama dengan Mr or Mrs Variabel kamu sudah ga bingung dengan mereka berdua itu. Tapi mungkin ada juga diantara kalian yang belum ngeh dengan yang namane variabel. Mungkin analoginya variabel tuh seperti sebuah wadah untuk menampung sebuah barang. Misalnya ember untuk menampung air, atau karung untuk menampung beras dll dll dll. Misalnya ember untuk menampung air, tentu saja akan disesuaikan dengan ukuran dan fungsi yang akan digunakan. Kamu ga mungkin kan minum kopi pakai ember hohoho…. tentu saja kamu akan memilih gelas untuk meminum kopi. Begitu juga kamu tidak akan menggunakan ember untuk membawa laptop kekampus atau kekantor…. wah bisa2 disangka habis mancing laptop di empang :D . Nah mungkin begitu analogi ngawurnya, analogi yang lebih ngawur lagi bisa kamu buat definisi sendiri sesuai pemahaman kamu. Tapi biar ga salah berikut ini aku kasih pengertian bakunya. Variabel adalah tempat untuk menyimpan data dengan tipe data tertentu. Variabel akan
mewakili suatu lokasi di memori komputer. Dengan menggunakan nama variabel ini maka
data yang berada pada memori dapat diakses.

Om Variabel di C#

C# termasuk bahasa yang tegas untuk masalah yang berkaitan dengan si variabel, seperti guru BPku dulu pas SMA… kalau kesekolah ga lengkap mesti ga boleh masuk…. meski uda sedikit lengkap tinggal celananya lubang dikit didengkul saja mesti disuruh pulang… apalagi kesekolah ga pake celana ho hoho. Hal ini juga berlaku didalam C#, tapi bukan berarti kalau mau mbikin program pake C# harus pake pakaian lengkap lho… ho ho ho (terserah kamu lah…. mau bugil juga ga papa…. asal programe ga ikutan bugil… alias ga ada codingnya hohohoho :D ) .C# termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang strong-typed artinya variabel harus
mempunyai tipe data. Dan variabel harus diberikan nilai berdasarkan tipe data yang telah
diberikan.

Aturan Penamaan Variabel

Dalam penamaan variabel didalam C# ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan, diantaranya adalah :

  • Nama variabel tidak boleh diawali dengan angka.
  • Nama variabel tidak boleh mengandung karakter #.
  • Nama variabel tidak boleh memakai kata kunci yang sudah digunakan pada C#
    seperti int, public, while dan lain-lain.

Ada beberapa notasi unik didalam C# dalam penamaan variabel, yaitu :

  • Notasi Pascal, selalu diawali dengan huruf besar contoh : NamaVariabel
  • Notasi Camel, huruf awal kecil dan lanjutannya Besar. Contoh : namaVariabel
  • Notasi Hungarian, dengan menyertakan jenid data didepannya. Contoh : strNamaVariabel.

Kategori Variabel

Variabel pada C# dapat dibedakan menjadi :

  1. Variabel instance adalah variabel yang merupakan bagian dari instance.
  2. Variabel static adalah variabel yang bukan merupakan bagian dari object.
  3. Variabel lokal adalah variabel yang dideklarasikan di dalam suatu blok, statement
    for, switch atau using. Sebelum nilai dari variabel lokal dapat diakses maka variabel
    ini perlu diberikan suatu nilai.
  4. Parameter adalah variabel yang ditemui di dalam suatu method. Parameter dibagi
    atas 3 jenis yaitu :

    a. Value parameter.

    b. Output parameter.

    c. Reference parameter.

    Value parameter dan reference parameter harus diberikan nilai awal, berbeda
    dengan output parameter yang boleh tidak diberikan nilai awal.

  5. Elemen array.

Nah mungkin ada tambahan masukan untuk tulisan diatas tau mungkin ada pertanyaan???? silahkan isi comment dibawah yaw…. makasih :)

Tutorial selanjutnya : Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 3 – Ekspresi >>

Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 1 – Berkenalan dengan namespace

h1

Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 1 – Berkenalan dengan namespace

Agustus 30, 2008

Belajar C# tuh menyenangkan banget lho! Tentu saja tutorial ini ditujukan untuk kamu yang belum mengenal C#. Hari gini belum kenal C#???? Wupz, ya kenalan dong!!! Jangan kuatir aku akan membantu kamu untuk belajar C# dengan lebih mudah dan simpel. Sebetulnya bagi kalian yang masih kuliah dan dapat bahasa pemrograman C#…. wewww manfaatin tuh, soalnya aku dulu dapatnya cuma C++ hohoho. Tapi whataver apapun itu bahasa favoritmu…. menurutku C# akan membuat kamu lebih mudah memahami konsep OOP dan teknology .Net . Karena C# murni berjalan dibawah asuhan om CLR yang notabene adalah bosnya .Net Framework (lho sapa lagi itu??? :D ).

Yupz…. aku ngerti de kalian uda gatel2 pengen tak tik tuk mencet keyboard mbikin program pakai C#. Untuk pemanasan saja yaw, seperti umunya didunia programming, ketika belajar suatu bahasa pemrograman pertama kali selalu saja ketemu dengan kata “Hello World” yang artinya dalam bahasa jawa “Sugeng pinanggih ndonya”. Mungkin kalian juga penasaran seperti saya ya, mengapa harus “Hello World”? apa ndak ada kata-kata lainnya. Apa mungkin yang menemukan pertama kali bernama Mr.Hello sama Mr.World jadi digabung menjadi “Hello World” (aneh banget). Lho kok malah ngawur tutorialnya ya…. ho ho ho…. sampai mana tadi????

Oh iya membuat program pertama kamu, hello world…. nah ini dia codenya :

01.using System;
02.using System.Collections.Generic;
03.using System.Linq;
04.using System.Text;
05.
06.namespace helloWorld
07.{
08. class Program
09. {
10. static void Main(string[] args)
11. {
12. System.Console.WriteLine("Hello World with C#");
13. System.Console.ReadKey();
14. }
15. }
16.}
17.[sourcecode]
18.
19.Sebelum melanjutkan kepembahasan selanjutnya ada yang perlu kamu ketahui yaitu mr.namespace, apaan tuh.... baca saja ulasan berikut :
20.
21.namespace
22.
23.Namespace tuh merupakan kata kunci yang digunakan untuk mendefinisikan suatu ruang
24. lingkup atau batasan dalam kode program. Namespace berguna untuk
25. mengorganisasikan kode program dan dapat digunakan untuk membuat type data
26. yang global sekaligus unique.
27.Contoh :
28.
29.[sourcecode language='csharp']
30.namespace helloWorld
31.{
32.}

Namespace merupakan konsep yang dipinjam dari C++, yang dapat digunakan
untuk menjamin bahwa semua penamaan yang anda gunakan dalam program
bersifat unique. Dengan menggunakan namespace, anda bisa mengelompokkan
class, interface, struct, enum dan delegate dengan namespace yang berbeda agar
tidak terjadi konflik penamaan dan organisasi dari kode anda menjadi lebih

terstruktur. Untuk developer yang bekerja membuat class library dalam proyek
software berskala besar, namespace
penting untuk mengorganisasikan class-class ke dalam satu struktur hirarki.

Program C# diorganisasikan oleh namespace. Namespace dapat digunakan sebagai
sistem organisasi “internal” dalam program anda dan juga secara “eksternal”
karena dapat diakses secara public menggunakan kata kunci using.
Contoh :

1.using System;
2.using System.Collections.Generic;
3.using System.Linq;
4.using System.Text;

Untuk lebih mengerti mengenai namespace coba kamu perhatikan contoh berikut :

Buat project baru, kamu kasih nama prjMath, pilih jenis Calss. Kemudian ganti nama classnya dengan nama clsMath. Lalu masukkan code berikut :

01.using System;
02.using System.Collections.Generic;
03.using System.Linq;
04.using System.Text;
05.
06.namespace prjMath
07.{
08. public class clsMath
09. {
10. public void Tambah(int a, int b)
11. {
12. int hasil = a + b;
13. System.Console.WriteLine(hasil);
14. }
15. }
16.}

Pada code diatas terlihat bahwa class clsMath dikelompokkan kedalam namespace prjMath.

Sekarang kita coba untuk mengakses class clsMath yang baru saja kita buat tadi, caranya buat project baru kasih nama prjTest , pilih Class kemudian ganti nama classnya dengan nama clsTest. Lalu isikan code berikut :

01.using System;
02.using System.Collections.Generic;
03.using System.Linq;
04.using System.Text;
05.using prjMath;
06.
07.namespace prjTest
08.{
09. class clsTest
10. {
11. static void Main(string[] args)
12. {
13. clsMath mthKu = new clsMath();
14. mthKu.Tambah(5, 6);
15.
16. System.Console.ReadKey();
17. }
18. }
19.}

Karena class clsMath berada di dalam namespace prjMath maka pada file
clsTest.cs perlu ditambahkan referensi ke namespace tersebut dengan menggunakan baris
berikut :

1.using prjMath;

Nah kurang lebih demikian yang bisa aku uraikan mengenai namespace ho ho ho agak berantakan juga nulisnya yaw…. mungkin kamu mau nambahin atau mau nanya2 seputar namespace atau mau belajar bareng tentang namespace silahkan curhat melalui comment dibawah… makasih :) . Eh jangan lupa ikuti tutorial berikutnya.

Tutorial selanjutnya : Tutorial belajar C# – Pengenalan C# – Bab 2 – Mengenal Variabel >>