Dian  Dian Palupi Palupi Rini Rini,  , M.Kom M.Kom
Pendahuluan Pendahuluan
• Komputer adalah alat bantu untuk 
menyelesaikan masalah. 
• Dalam menyelesaian masalah dengan 
komputer perlu merumuskan langkah-
langkah penyelesaian masalah dalam 
sekumpulan instruksi. 
• Sekumpulan instruksi yang dimengerti 
oleh komputer yang disebut dengan 
program. 2
Bahasa Pemrograman. Bahasa Pemrograman.
• Program harus ditulis dalam suatu bahasa 
yang dimengerti oleh komputer yaitu 
dalam Bahasa pemrogram dibedakan 
menjadi :
– Bahasa tingkat rendah (low level language) : 
bahasa yang berorientasi ke mesin.  
– Bahasa tingkat tinggi (high level language) : 
bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti 
bahasa inggris)
contoh bahasa Pascal, bahasa C dll.
Bahasa Pemrograman. Bahasa Pemrograman.
• Program yang ditulis dalam bahasa 
pemrograman akan diterjemahkan ke 
dalam bahasa mesin (kenal dengan biner 
digit) dengan menggunakan penterjemah.
Penterjemah :
– Interpreter : menterjemahkan baris per baris 
instruksi. Contoh bahasa Basic.
– Compiler : menterjamahkan setelah seluruh 
instruksi ditulis. Contoh bahasa Pascal, C, 
Ada ,C++, dll. 3
Algoritma Algoritma
Definisi Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis 
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
Contoh :
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi 
larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan 
berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu 
sedemikian sehingga bejana A berisi larutan 
berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna 
merah.
DESKRIPSI :
– Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
– Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
Algoritma Algoritma
• Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak 
menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah 
di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi 
adalah percampuran kedua larutan tersebut.
• Untuk mempertukarkan isi duah bejana, 
diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai 
tempat penampungan sementara, misalnya 
bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan 
pertukaran yang benar adalah sebagai berikut :4
Algoritma TUKAR ISI BEJANA Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi 
larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan 
berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu 
sedemikian sehingga bejana A berisi larutan 
berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna 
merah.
DESKRIPSI :
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
Ciri penting algoritma  Ciri penting algoritma 
• Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan 
sejumlah langkah terbatas.
• Setiap langkah harus didefinisikan dengan 
tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).
• Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan. 
• Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
• algoritma harus efektif (setiap langkah harus 
sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam 
waktu yang masuk akal).5
Memprogram dan bahasa pemrograman Memprogram dan bahasa pemrograman
• Belajar memprogram adalah belajar tentang 
metodologi pemecahan masalah, kemudian 
menuangkannya dalam suatu notasi tertentu 
yang mudah dibaca dan dipahami.
• Belajar bahasa pemrograman adalah belajar 
memakai suatu bahasa, aturan tata bahasanya, 
instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian 
compiler-nya untuk membuat program yang 
ditulis dalam bahasa itu saja. 
Notasi Algoritma Notasi Algoritma
• Penulisan algoritma tidak tergantung dari 
spesifikasi bahasa pemrograman dan 
komputer yang mengeksekusinya. Notasi 
algoritma bukan notasi bahasa 
pemrograman tetapi dapat diterjemahkan 
ke dalam berbagai bahasa pemrograman6
Notasi algoritma Notasi algoritma
• Notasi algoritma dapat berupa :
– Uraian kalimat deskriptif (narasi)
Contoh
Algoritma Kelulusan_mhs
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar 
atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus 
jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
DESKRIPSI :
baca nama dan nilai mahasiswa.
jika nilai >= 60 maka
keterangan = lulus
tetapi jika 
keterangan = tidak lulus.
tulis nama dan keterangan
Bagan alir (flow chart). Bagan alir (flow chart).
Keterangan = ' Lulus'
Mulai
baca
Nama, nilai
Nilai >= 60
Keterangan = '  Tidak Lulus'
Selesai
Tulis
Nama, keterangan
ya
tidak7
Pseudo-code. Pseudo-code.
Algoritma Kelulusan_mhs
{diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih 
besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut 
dinyatakan lulus jika tidak maka dinyatakan tidak lulus}
DEKLARASI :
Nama       : string
Nilai      : integer
Keterangan : string
DESKRIPSI :
read (nama, nilai)
if nilai >= 60 then
keterangan = ‘lulus’
else 
keterangan = ‘tidak lulus’
write(nama, keterangan)
Aturan Penulisan Teks algoritma Aturan Penulisan Teks algoritma
• Judul algoritma
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan 
penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. 
Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa 
yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
• Deklarasi
Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang 
digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat 
berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedur dan 
fungsi.
• Deskripsi
Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian 
masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi 
yang akan dijelaskan selanjutnya8
Algoritma Luas_Kell_Lingkaran {<- ini judul algoritma}
{menghitung luas dan keliling lingkaran untuk ukuran jari-jari 
tertentu. Algoritma menerima masukan jari-jari lingkaran, 
menghitung luas dan kelilingnya, dan mencetak luas 
lingkaranke piranti keluaran <- ini spesifikasi algoritma}
DEKLARASI :
const phi = 3.14 {nilai ? }
R         : real {jari-jari lingkaran}
Luas      : real {luas lingkaran} 
Keliling  : real {keliling lingkaran}  
DESKRIPSI :
read (R)
Luas <- phi * R *R
Keliling <- 2 * phi * R
write(luas, keliling)
Rabu, 30 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 




 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar