Sabtu, 17 April 2010

Cpp titikb

#include

class Titik{

/*kelas yang digunakan untuk mengimplementasikan sebuah tipe titik*/

private:
int x; /*koordinat x*/
int y; /*koordinat y*/

public:
Titik(){
/*konstruktor*/
x = 0;
y = 0;
}

Titik(int xp, int yp){
/*konstruktor*/
x = xp;
y = yp;
}

void setX(int xp){
/*mengeset nilai koordinat x*/
x = xp;
}

int getX(){
/*mengembalikan nilai koordinat x*/
return x;
}

void setY(int yp){
/*mengeset nilai koordinat y*/
y = yp;
}

int getY(){
/*mengembalikan nilai koordinat y*/
return y;
}

virtual void printTitik(){
/*menampilkan nilai koordinat titik*/
printf("nilai X : %d\n", getX());
printf("nilai Y : %d\n", getY());
}

~Titik(){
/*destruktor*/

}

};

class Titik3D : public Titik{

/*kelas turunan kelas Titik*/

private:
int z; /*koordinat z*/

public:
Titik3D(){
/*konstruktor*/
z = 0;
}

Titik3D(int xp, int yp, int zp){

/*konstruktor*/
setX(xp);
setY(yp);
z = zp;
}

void setZ(int zp){
/*mengeset nilai koordinat z*/
z = zp;
}

int getZ(){
/*mengembalikan nilai koordinat z*/
return z;
}

virtual void printTitik(){
/*menampilkan nilai koordinat titik*/
printf("nilai X : %d\n", getX());
printf("nilai Y : %d\n", getY());
printf("nilai Z : %d\n", getZ());
}

};


/*fungsi main untuk mengetes kelas Titik dan kelas Titik3D */

int main(){

Titik3D t(0, 0, 7);

t.setX(28);
t.setY(1);

t.printTitik();

Titik *t1;

printf("====================\n");

t1 = &t;

t1->printTitik();

return 0;

}